Jumat, 28 September 2012

PENDIDIKAN TPA




TPA Al Ihsan adalah merupakan lembaga yang di khususkan untuk anak usia SD .Tujuan umumnya yaitu menyiapkan anak didik agar menjadi generasi qurani.yaitu generasi yang mencintai al quran dan menjadikan al quran sebagai pandangan hidup.Sedangkan tujuan utamanya adalah mendidik santri mampu membaca alquran dengan benar sesuai kaidah ilmu tajwid.TPA  ini juga disebut pengajian anak - anak dalam bentuk baru dengan menggunakan metode praktis.

Setelah berpengalaman dalam mendidik murid - murid dan terus berinovasidengan mengikuti pelatihan dan metodologi pengajaran khusus TPQ terutama dengan memakai metode qiroati,TPQ menyelenggarakan RAKER untuk memperbaiki kurikulum.

Dalam pembelajaranya dilakukan dengan menggunakan metode Qiroati,dilakukan pemisahan anak sesuai dengan jilidnya masing - masing. Alasanya supaya lebih enak dalam pengkondisian anak dan pengelolaan kelasnya. Setiap kelasnya dipegang oleh satu orang guru dan tidak ganti - gantiagar tidak bingungsaat mendidik santri karena setiap guru cara mengajarnya berbeda-beda.Pembelajaranya tidak langsung sorogandengan metode klasikaldalam ruangan terbatas sehingga mudah dikondisikan.Kenaikan jilid menunggu kepala TPQ dengan rekomendasi guru kelas.

Untuk peningkatan mutu asatidz tersebut dibina langsung korcab qiroati dan dan diikuti semuaanggota metode qiroati.Sedangkan asatidz yang belum lulus tashih dengan : LPGQ  setiap satu minggu sekali  dikantor cabang Qiroati  kecamatan,Pembinaan lembaga tiap satu  minggu sekali.Meningkatkan kualitas guru dengan tadarus . Dan juga mengikuti pelatihan peningkatan guru minimal tiga bulan sekali.

Hambatan / kendala nya antara lain : rata- rata murid tidak sampai menyelesaikan tashih qiroati,kurang dukungan dari orang tua ( orang tua lebih mementingkan pendidikan formal.Solusinya Mengadakan koordinasi dengan wali santri









Tidak ada komentar:

Posting Komentar