Senin, 10 September 2012

Guru yang Ideal


       .
Guru adalah seorang yang mempunyai ilmu pengetahuan atau keahlian khusus yang mampu mengajar dan mendidik serta mengarahkan peserta didik agar mampu memahami dan dapat menerapkan kembali apa yang telah diajarkan kepada anak didik. Seharusnya guru yang baikyaitu guru yang berkarakter dan profesional. berkarakter adalah mempunyai sifat atau watak yang baik dan patut ditiru oleh peserta didik. Profesional maksudnya mempunyai keahlian dalam bidangnya.
Ruang lingkup guru pada masa lalu sempit, banyak ilmu didapat secara alami atau berdasarkan pengalaman namun demikian guru pada zaman dahulu lebih tinggi derajatnya. Pada zaman sekarang dengan bertambahnya alat maupun media, ilmu tidak hanya didapat diperguruan tinggi tetapi di berbagai media cetak, media elektronik, seminar-seminar dan lain-lain. Tetapi disisi lain keberadaan guru hampir digantikan oleh media lain seperti internet.
Sebenarnya guru tak bisa digantikan dengan apapun, interaksi manusia dengan manusia lebih menyentuh dibandingkan dengan sebuah perangkat pengajaran karena guru bukan saja seorang pendidik tetapi juga seorang yang harus mampu memberi motivasi kepada anak didik dan juga kepada masyarakat. Guru juga harus mempunyai komitmen dalam hatinya supaya apa yang dilakukan benar-benar ikhlas.
Permasalahan yang terjadi di lembaga adalah kurikulum yang sering berubah- ubah seperti terampil menyampaikan kembali ilmu yang dimiliki, kurikulum tingkat satuan pelajaran (KTSP), selanjutnya penempatan guru yang tidak merata dan terlalu jauh dari tempat tugas dan lain-lain yang paling prinsipil. Seharusnya para  pengambil kebijakan memperhatikan hal ini secara serius sehingga kualitas pendidikan benar-benar dapat ditingkatkan.
Dengan memperhatikan hal yang terkait kualitas guru, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di masa sekarang dan yang akan datang. Penulis: (aminmaghfur@yahoo.co.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar