Rabu, 10 Oktober 2012

Assalamualaikum wr. wb.
Pada kesempatan kali ini, kepada para pembaca blog ini saya ingin berbagi cerita atau pengalaman selama saya mengajar di kelas bawah.
Usia antara 6 – 9 tahun adalah usia dimana anak ingin mendapatkan banyak informasi sehingga mereka banyak bertanya, suka kegiatan di luar ruangan, suka mengobrol, suka mengeluh, rentang konsentrasi terbatas. Maka dari itu, diperlukan banyak pendampingan, penguatan tentang prosedur, kegiatan yang mampu membuat mereka tertarik tapi tetap sesuai materi yang diajarkan.
Saat mengajar kita pasti bertemu dengan berbagai macam anak yang memiliki gaya belajar masing – masing, bagaimana cara materi yang diajarkan dapat dipahami oleh berbagai macam gaya belajar anak adalah sebuah tantangan dalam setiap kali saya mengajar. Tapi sebelum dapat menyampaikan materi pembelajaran tentunya kita harus membuat siswa tenang dan fokus terlebih dahulu agar semua siswa dapat memahami materi yang di sampaikan. Ada berbagai macam cara mengkondisikan anak pada saat sebelum pembelajaran di mulai, seperti dengan bertepuk sambil menyanyikan sebuah lagu yang sesuai dengan materi yang akan di ajarkan, tebak kata, sharing tentang kegiatan sebelum berangkat sekolah dll. Cara – cara ini ternyata dapat membuat sebagian besar siswa menjadi lebih tenang dan focus dengan guru. Selain itu membuat mereka menjadi semangat untuk mengikuti pembelajaran dan mendengarkan materi yang di sampaikan.
Dapat menjelaskan materi pembelajaran, saya akan tidak menjelaskan dengan satu cara misalnya dengan menjelaskan di depan , dapat juga dengan memberikan pertanyaan rebutan, menuliskan jawaban dari pertanyaan di papan tulis, membawakan alat peraga, berupa benda, gambar dll. Dengan berbagai macam penyampaian materi ini diharapkan semua siswa mendapatkan kepahaman tentang materi yang diajarkan guru. Hal terbukti cukup efektif dalam memberikan kepahaman akan materi yang di sampaikan.
Selain dibutuhkan kepahaman kita akan gaya belajar anak , dibutuhkan juga bahasa yang mudah di pahami atau dicerna oleh mereka serta pemberian prosedur sebelum guru menjelaskan materi pembelajaran. Hal ini di butuhkan untuk kesuksesan guru dalam pelaksanakan pembelajaran.
Ini adalah sedikit cerita dari saya yang mungkin sudah biasa anda lakukan atau dengar. Terimakasih anda sudah mau membaca sekilas cerita saya. Bagi yang ingin memberikan saran, komentar atau kritik dapat menuliskan di email saya (desykurniasih88@yahoo.com).
Wasalamualaikum wr. wb..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar