Selasa, 06 November 2012

Mendidik Anak dengan Program Terarah


                            
            Mendidik anak harusnya dilakukan dengan cara yang baik agar mereka mampu untuk menjadi pribadi yang baik yang akan membuat anak bangga. Sebagai orang tua, cara mendidik anak dengan cara yang baik bukanlah perkara yang mudah karena ada banyak hal yang wajib diketahui agar anak menjadi lebih terarah:
            Hal pertama dalam mendidik anak adalah anda harus mengajari mereka untuk menyayangi diri mereka sendiri. Anda bisa memberinya contoh dengan melakukan sesuatu yang baik untuk diri anda misalnya  melakukan olahraga, merawat diri dan meluangkan waktu buat diri anda sendiri. Jika anda mampu untuk melakukan hal ini, maka anda akan bisa mendidik anak dengan cara yang baik.
            Meluangkan waktu yang berkualitas adalah cara mendidik anak dengan baik karena dengan waktu yang anda sediakan, maka anak anda akan mendapat perhatian yang cukup. Perhatian yang cukup akan membuat anak anda merasa dihargai sehingga mereka tidak membutuhkan pelarian untuk mendapat kasih sayang dan perhatian.
           Dengan waktu yang anda sediakan, anda harus bisa menjadikannya sebagai media untuk diskusi dan cerita sehingga mereka akan lebih terbuka kepada anda. Hal ini akan menjadikan anda lebih tahu dan memahami hal apa yang terjadi terhadap anak anda sehingga anda mampu melakukan hal yang terbaik untuk mereka.
           Disaat anda dalam masalah, tetap tunjukkanlah senyum anda karena aura bahagia ini akan menular kepada mereka sehingga mereka bisa lebih bisa kuat dalam menghadapi masalah apapun. Hal ini juga bisa dianggap cara mendidik anak yang baik karena kebahagiaan dan senyum akan mampu untuk mendatangkan momen – momen yang menyenangkan buat anda dan keluarga anda.
           Ketika anak anda mendapat prestasi yang baik, maka berilah pujian dan penghargaan yang sesuai dengan prestasi yang mereka capai. Dengan hal ini, proses mendidik anak akan lebih bermakna. Juga, mereka akan lebih bersemangat dalam menciptakan prestasi yang lebih baik lagi sehingga cara mendidik anak akan lebih efektif.(aminmaghfur@yahoo.co.id)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar