Jumat, 23 Desember 2011

MANAJEMEN PENDIDIKAN AKHLAK MULIA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) AL-MADINAH KEBUMEN (TAHUN 2004-2005)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi empirik mengenai manajemen pendidikan akhlak mulia Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) dengan sistem full day school. Selain itu, tujuan lainnya adalah menemukan faktor-faktor yang memiliki pengaruh dalam pembentukan akhlak mulia. Penelitian ini bersifat kualitatif dan dilakukan terhadap penerapan manajemen pendidikan akhlak mulia SDIT Al-Madinah di Kabupaten Kebumen. Responden penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, staf administrasi, wali siswa serta beberapa warga masyarakat yang tinggal di lingkungan tempat tinggal siswa. Analisa data mengikuti langkah Miles dan Huberman (1992), yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan penting dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. Menyangkut manajemen pendidikan akhlak mulia SDIT Al-Madinah Kebumen, ditemukan (1) SDIT Al-Madinah Kebumen telah menerapkan fungsi-fungsi manajemen dengan baik (2) SDIT Al-Madinah Kebumen telah menerapkan manajemen strategik dengan baik. (3) SDIT Al-Madinah Kebumen telah melakukan desentralisasi keputusan dengan baik. Sementara itu, menyangkut faktor-faktor yang mempengaruhi akhlak mulia, ditemukan bahwa sekolah dengan sistem full day school memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap perkembangan akhlak mulia anak. Sementara itu, di lain pihak, keluarga dan masyarakat juga memberikan pengaruh yang tidak kecil atas perkembangan akhlaknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar